Skip to main content

Cara mengatasi anak nangis terus (kolik), anak menangis terus tengah malam

Cara Mengatasi Kolik atau anak menangis terus


Kolik adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika bayi terus menangis tanpa sebab yang jelas dan sulit dikendalikan.
Kolik biasanya terjadi pada bayi sehat yang berusia di bawah 5 bulan, di mana ia bisa menangis hingga lebih dari tiga jam selama kurang lebih tiga hari berturut-turut.

Kolik bukanlah suatu penyakit dan tidak menyebabkan si Kecil mengalami penyakit jangka panjang. Umumnya kolik akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan, namun Ibu juga bisa meredakan kolik pada si Kecil dengan beberapa cara.

Tanda-Tanda Kolik
- Menangis dengan kencang selama 2-3 jam, biasanya si Kecil mulai menangis 15 menit setelah disusui. Tangisan akan semakin parah di sore dan malam hari. Tangisan ini akan diikuti dengan beberapa ciri yang tampak pada tubuh si Kecil, antara lain:
- Wajah si Kecil kemerahan
- Tangannya mengepal
- Kaki ditekuk ke dada
- Perutnya mengeras

Cara Meredakan Kolik
• Berikan probotik: Studi menunjukkan bahwa bayi kolik memiliki jumlah mikroflora lebih banyak pada saluran pencernaannya dibandingkan dengan bayi yang tidak mengalami kolik. Probiotik akan membantu mengurangi gejala kolik pada bayi, seperti apa yang dipaparkan oleh Dr. Flavia Indrio, dari departmen pediatri 
Pediatri Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan pera...
Lihat A-Z
di Aldo Moro University of Bari, Italia.

"Saya menggunakan ini secara rutin untuk mengendalikan kolik. Para orang tua perlu tahu bahwa probiotik 
Probiotik adalah bakteri baik dapat membantu fungsi saluran...
Lihat A-Z
dapat mengobati dan mencegah kolik." Konsultasikan dengan dokter, untuk rekomendasi probiotik untuk atasi kolik si Kecil.

• Gunakan botol hangat: Beberapa bayi akan menikmati rasa hangat pada perutnya. Isi botol dengan air hangat, kemudian bungkus botol tersebut dengan handuk kecil. Letakkan botol di atas perut si Kecil, pastikan air tidak panas, agar tidak membuat kulit si Kecil iritasi.

• Berikan pijatan lembut: Si Kecil akan menikmati stimulasi dari pijatan lembut yang Ibu berikan. Namun, Ibu harus peka dengan respon yang ditunjukkan oleh si Kecil saat sedang dipijat.

• Berikan bunyi-bunyian: Si Kecil menyukai suara yang mengingatkannya dengan ritme denyut nadi yang ia dengarkan saat masih berada di dalam kandungan. Suara tersebut akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman.

Sesuaikan Kebutuhan Laktase Si Kecil
Laktase adalah enzim yang membantu memecah kadar gula atau laktosa 
Laktosa adalah bagian dari susu yang memberikan rasa manis ...
Lihat A-Z
di dalam tubuh, laktosa itu sendiri terkandung di dalam ASI dan susu formula. Si Kecil mungkin mengalami masalah jangka pendek dalam mencerna laktosa karena kekurangan enzim laktase 
Laktase adalah sekelompok enzim yang ditemukan di usus keci...
Lihat A-Z
pada tubuhnya dan hal ini membuatnya mengalami beberapa gejala kolik.

Pemberian lactase drop atau antifoaming properties (simeticone) dianggap mampu mengurangi gejala kolik pada si Kecil. Penelitian mengenai lactase drop, pertama kalinya dilakukan di Cork University Hospital, Irlandia oleh Prof. Kearney tahun 1990. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengurangi laktosa efektif untuk mengurangi kolik, penelitian ini telah diterbitkan pada Journal of Human Nutrition and Dietetics, pada September 1998.
Konsultasikan dengan dokter untuk pemberian lactase drop pada si Kecil, apabila setelah penggunaan selama seminggu gejala si Kecil tidak membaik, maka tidak disarankan untuk melanjutkan penggunaan lactase drop.

Laktosa terkadang sulit dicerna oleh sistem pencernaan si Kecil. Ada pilihan susu formula yang memiliki kadar laktosa lebih rendah, susu tersebut biasanya dipadukan dengan Fructo-oligosaccharides/Galacto-oligosaccharides (FOS/GOS). 

Sumber
- Caffarelli C, et al. Arch Dis Child, 1996; 75:141-144.
- Savino F, et al. Pediatrics, 2010; 126(3):e526-e533.

sumber : nutriclub, diakses pada 04 may 2015

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ibu hamil : Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Bikin IQ Anak Jadi Turun

Bila anda merasa tingkat kecerdasan sedikit bermasalah, mungkin sebaiknya ditanyakan kepada ibu apakah dulu waktu hamil pernah mengalami darah tinggi atau tidak. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa hipertensi yang dialami ibu hamil dapat menurunkan IQ anak yang sedang dikandungnya. Ini Dia detail beritanya : Masa kehamilan memang merupakan masa yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Neurology menegaskan bahwa tekanan darah ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anaknya, bahkan sampai anaknya mencapai usia tua. Dalam penelitian tersebut, Katri Raikonen, PhD dari University of Helsinki di Finlandia melihat catatan medis mengenai tekanan darah para ibu sewaktu mengandung 398 pria yang dilahirkan pada tahun 1934 hingga 1944. Kemampuan berpikir para pria tersebut kemudian dites waktu usianya 20 tahun dan dites lagi saat usianya 69 tahun. Tes tersebut mengukur kemampuan bahasa, matematika

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama Wanita Rahimah Kasih sayang Rahmah Kasih sayang Raihanah Tanaman yang harum baunya Raja' Harapan Ramlah Tokoh sahabat wanita Ramziyah Isyarat Raniah Mempesona Rannan Gemerincing Raqwan Kemajuan Rasanah Tempat pemberhentian - Halte Rasyidah Mendapat Petunjuk Raudhah Taman Rifa' Setuju - Mufakat Rif'at Tinggi Martabatnya Rifdah Pemberi pertolongan Rihab Luas dan lebar Riham Hujan Gerimis yang berkepanjangan Robi'ah Yang keempat Rodhiyah Ridho Rofi'ah Derajatnya tinggi Rofidah Papan atap - Pemberi pertolongan Rofifah Berahlak baik Rofilah Anggun - Mewah Rohadatul 'Aisy Kemakmuran Hidup Rohidah Lem

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama Wanita Labibah Sehat akal dan cerdik Laela Malam yang gelap Laimun Buah jeruk yang manis Lam'aa' Berkilau Lathifah Lemah lembut Layanah Kehalusan - Kelemasan Lubna Buah kenitu Lujmah Bukit yang datar Lu'lu' Permata - Mutiara Lum'ah Kilauan Luqyana Perjumpaan kita Luthfiyah Lemah lembut