Skip to main content

Penyakit Hepatitis B pada Bayi

Hepatitis B merupakan salah satu jenis penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi Hepatitis B merupakan masalah kesehatan global yang masih mengkhawatirkan. WHO memperkirakan bahwa sekitar 2 miliar penduduk dunia pernah terinfeksi virus ini, dan sekitar 350 juta penduduk hidup dengan infeksi kronis hepatitis B. infeksi oleh virus hepatitis B ini dapat menyebabkan penyakit hepatitis akut, namun sebagian besar (terutama pada anak kecil) akan menjadi infeksi kronis.

Infeksi kronis akan terus berlanjut menjadi sirosis hati (pengerasan hati) dan akhirnya akan menyebabkan suatu karsinoma hepatoseluler (kanker hati). Semakin kecil usia seseorang sewaktu terkena infeksi, maka semakin besar kemungkinan infeksi menjadi kronis. Bayi yang terinfeksi saat lahir 90% menjadi kronis, pada anak usia 1-5 tahun yang terinfeksi risiko menjadi kronis hanya tinggal 25-50%, sedangkan pada orang dewasa kemungkinan menjadi kronis hanya 1-5%. Kebanyakan bayi dan anak kecil yang terkena infeksi ini umumnya tidak menunjukkan gejala apapun (asimtomatik), gejala dan tanda yang mungkin muncul biasanya berupa demam ringan, mual, muntah, perasaan tidak enak di perut, dan mungkin air seni yang berwarna seperti teh.

Infeksi virus hepatitis B ditularkan melalui kontak cairan tubuh (seperti misalnya semen atau cairan vagina) atau darah antar manusia. Penularan yang terjadi paling sering adalah melalui transfusi darah dan hubungan seksual. Pada bayi baru lahir juga dapat terinfeksi bila ibu mengidap infeksi hepatitis B (pada saat proses kelahiran). Hepatitis B tidak dapat menular melalui air atau makanan yang tercemar virus ini. Cara penularan virus ini hampir sama dengan virus HIV (AIDS), tetapi virus ini lebih infeksius. Virus in juga dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia selama 7 hari.

Pencegahan infeksi hepatitis B dibagi menjadi 2, yaitu pencegahan secara umum dan pencegahan dengan imunisasi. Pencegahan secara umum seperti misalnya:safe sex (penggunaan kondom), penggunaan jarum suntik sekali pakai, tidak bergantian memakai sikat gigi atau sisir dengan orang lain yang tidak jelas status hepatitis B-nya, dan juga skrining ibu hamil. Infeksi hepatitis B pada anak paling sering terjadi karena penularan langsung dari ibu (penularan vertikal), oleh sebab itu sangatlah penting untuk melakukan skrining hepatitis B pada ibu hamil.

Imunisasi hepatitis B ada 2 jenis yaitu pasif dan aktif. Imunisasi pasif adalah dengan memberikan Hepatitis B immunoglobulin (HBIg) yang akan melindungi dalam waktu yang cepat tetapi singkat. HBIG ini hanya diberikan untuk kondisi tertentu saja, seperti misalnya bayi baru lahir dari ibu yang menderita hepatitis B, paparan jarum suntik. Sedangkan imunisasi aktif adalah dengan memberikan vaksinasi hepatitis B. Pemberian vaksin hepatitis B sudah diwajibkan dalam pedoman imunisasi yang dikeluarkan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Vaksin hepatitis B diberikan sedini mungkin dan sesuai jadwal yaitu pada usia 0 bulan, 1 bulan, dan 6 bulan. Vaksin diberikan dengan cara disuntikkan.
 ----------------------------------------------------------------------------------------------
info ini diambil dari kiddie care centre dot com

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ibu hamil : Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Bikin IQ Anak Jadi Turun

Bila anda merasa tingkat kecerdasan sedikit bermasalah, mungkin sebaiknya ditanyakan kepada ibu apakah dulu waktu hamil pernah mengalami darah tinggi atau tidak. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa hipertensi yang dialami ibu hamil dapat menurunkan IQ anak yang sedang dikandungnya. Ini Dia detail beritanya : Masa kehamilan memang merupakan masa yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Neurology menegaskan bahwa tekanan darah ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anaknya, bahkan sampai anaknya mencapai usia tua. Dalam penelitian tersebut, Katri Raikonen, PhD dari University of Helsinki di Finlandia melihat catatan medis mengenai tekanan darah para ibu sewaktu mengandung 398 pria yang dilahirkan pada tahun 1934 hingga 1944. Kemampuan berpikir para pria tersebut kemudian dites waktu usianya 20 tahun dan dites lagi saat usianya 69 tahun. Tes tersebut mengukur kemampuan bahasa, matematika

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama Wanita Labibah Sehat akal dan cerdik Laela Malam yang gelap Laimun Buah jeruk yang manis Lam'aa' Berkilau Lathifah Lemah lembut Layanah Kehalusan - Kelemasan Lubna Buah kenitu Lujmah Bukit yang datar Lu'lu' Permata - Mutiara Lum'ah Kilauan Luqyana Perjumpaan kita Luthfiyah Lemah lembut

Nama bayi Laki laki berawalan huruf Y

  Nama bayi laki laki berawalan huruf Y Nama Bayi laki Laki berawalan huruf Y Yaala   Kemuliaan, tinggi Yaaqub Nama nabi Yaarub Mahir bahasa arab Yafiq Mulia, dihormati Yahya Nama nabi, yang hidup Yamin Yang berkat Yakut Permata Yaslam Yang selamat, berserah Yatim Yang sangat berharga, tiadak bandingannya Yasir Yang senang Yassaar Kekayaan, kemewahan Yaqzan Yang berwaspada Yaqin Penuh keyakinan Yasin Nama nabi Yawar Pengawal peribadi Yazdan Belas kasihan Yazid Berkat Yunan Nama ulama Yunus Nama nabi Yusuf Nama nabi Yusri Kesenanganku