Skip to main content

Tips Sehat : Kloset Jongkok lebih sehat dibanding kloset Duduk!


Kloset duduk vs kloset jongkok. lebih sehat kloset duduk!

Nah, bagi yang masih mencibir bahwa kloset duduk lebih modern, dan kloset jongkok adalah kloset orang miskin, silahkan baca artikel penting ini! Monggo disimak info dari detik ini.

Rata-rata orang di perkotaan sudah menggunakan toilet duduk sehingga tidak merasa capek jongkok saat harus buang air besar. Tapi sebuah studi klinis menemukan bahwa toilet jongkok punya manfaat lebih. Benarnya demikian?

Sebagian besar orang yang hidup di belahan bumi Barat telah duduk untuk menggunakan kamar mandi karena flushing toilet telah diciptakan di akhir abad ke-16. Tapi orang yang tinggal atau melakukan perjalanan ke Asia, Timur Tengah, atau beberapa bagian dari Mediterania mungkin lebih akrab dengan berjongkok di atas toilet.

Sementara orang Barat telah melakukan bisnis dalam toilet duduk tanpa pertanyaan selama berabad-abad, toilet jongkok dan duduk mulai dibandingkan dan perdebatan muncul pada tahun 1960, ketika sejumlah buku teks medis menyarankan bahwa posisi jongkok tidak hanya lebih alami, tetapi lebih nyaman.

Para penemu dari Squatty Potty bahwa toilet jongkok menunjukkan sejumlah manfaat kesehatan potensial, seperti dilansir Dailyhealthpost, Jumat (12/4/2013):

1. Mengurangi sembelit, kembung, dan gas
2. Menurunkan insiden dan gejala wasir
3. Peningkatan kesehatan usus besar secara keseluruhan
4. Otot panggul dan kontrol kandung kemih menjadi lebih baik
5. Mengurangi ketegangan dan proses BAB menjadi lebih cepat.

Sejumlah studi klinis telah melihat manfaat dari posisi jongkok untuk buang air besar, dan mereka setuju. Sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2010 menemukan berjongkok menurunkan tekanan perut dan ketegangan otot dibandingkan dengan duduk.

Studi lain yang dilakukan di Israel pada tahun 2003 menemukan hasil yang sama, dan juga mengomentari relatif kurangnya masalah yang berhubungan dengan wasir, sembelit, dan divertikulitis (penyakit pencernaan) di lokasi-lokasi yang lebih sering menggunakan toilet jongkok.

Manfaat toilet jongkok sebagian besar berasal dari peningkatan sudut anorektal, yaitu penegakan tabung yang dilalui tinja untuk keluar dari tubuh. Sambil duduk, lintasan ini menjadi bengkok sehingga membutuhkan lebih banyak usaha untuk memungkinkannya dilewati oleh kotoran. Sedangkan posisi jongkok meluruskan sudut anorektal, sehingga buang air besar menjadi lebih mudah.

Selain itu, posisi duduk menyebabkan rektum terbatasi oleh otot puborectalis. Otot ini sangat penting dalam menjalani kegiatan harian, karena memungkinkan untuk mengontrol Anda melepaskan perut, tetapi dapat menjadi penghalang ketika tiba saatnya untuk menggunakan kamar mandi.

Jongkok membantu otot puborectalis untuk bersantai, sekali lagi mengurangi jumlah ketegangan yang diperlukan untuk evakuasi tinja. Pada gilirannya, mengurangi ketegangan menyebabkan lebih sedikit masalah usus dan pencernaan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ibu hamil : Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Bikin IQ Anak Jadi Turun

Bila anda merasa tingkat kecerdasan sedikit bermasalah, mungkin sebaiknya ditanyakan kepada ibu apakah dulu waktu hamil pernah mengalami darah tinggi atau tidak. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa hipertensi yang dialami ibu hamil dapat menurunkan IQ anak yang sedang dikandungnya. Ini Dia detail beritanya : Masa kehamilan memang merupakan masa yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Neurology menegaskan bahwa tekanan darah ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anaknya, bahkan sampai anaknya mencapai usia tua. Dalam penelitian tersebut, Katri Raikonen, PhD dari University of Helsinki di Finlandia melihat catatan medis mengenai tekanan darah para ibu sewaktu mengandung 398 pria yang dilahirkan pada tahun 1934 hingga 1944. Kemampuan berpikir para pria tersebut kemudian dites waktu usianya 20 tahun dan dites lagi saat usianya 69 tahun. Tes tersebut mengukur kemampuan bahasa, matematika

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama Wanita Rahimah Kasih sayang Rahmah Kasih sayang Raihanah Tanaman yang harum baunya Raja' Harapan Ramlah Tokoh sahabat wanita Ramziyah Isyarat Raniah Mempesona Rannan Gemerincing Raqwan Kemajuan Rasanah Tempat pemberhentian - Halte Rasyidah Mendapat Petunjuk Raudhah Taman Rifa' Setuju - Mufakat Rif'at Tinggi Martabatnya Rifdah Pemberi pertolongan Rihab Luas dan lebar Riham Hujan Gerimis yang berkepanjangan Robi'ah Yang keempat Rodhiyah Ridho Rofi'ah Derajatnya tinggi Rofidah Papan atap - Pemberi pertolongan Rofifah Berahlak baik Rofilah Anggun - Mewah Rohadatul 'Aisy Kemakmuran Hidup Rohidah Lem

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama Wanita Labibah Sehat akal dan cerdik Laela Malam yang gelap Laimun Buah jeruk yang manis Lam'aa' Berkilau Lathifah Lemah lembut Layanah Kehalusan - Kelemasan Lubna Buah kenitu Lujmah Bukit yang datar Lu'lu' Permata - Mutiara Lum'ah Kilauan Luqyana Perjumpaan kita Luthfiyah Lemah lembut