Wednesday, 10 April 2013

Mau melahirkan? Berikut Teknik Teknik yang bisa anda pilih untuk melahirkan!


foto proses melahirkan
Nah, ternyata, banyak pilihan yang bisa dipilih oleh ibu hamil/bumil untuk melahirkan., berikut tips dari detik health tentang cara cara melahirkan yang ada saat ini. monggo disimak :

Melahirkan anak ada banyak tekniknya. Secara umum dikenal 2 macam yakni alami dan lewat operasi. Lebih spesifik lagi, ada banyak pilihan teknik untuk melahirkan secara normal mulai dari melahirkan di air hingga menggunakan hipnosis.

"Cara melahirkan yang umumnya diketahui oleh masyarakat adalah proses melahirkan normal dan operasi caesar," jelas Dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Rabu (10/4/2013).

Perbedaan antara keduanya menurut Dr Prizar adalah pada penggunaan alat. Jika persalinan normal dapat dilakukan tanpa menggunakan alat apapun dan terjadi secara alami, maka persalinan caesar dilakukan dengan menggunakan beberapa alat operasi.

Dari segi proses pemulihan, proses kelahiran normal lebih menguntungkan karena lebih cepat pulih. Operasi caesar butuh waktu lebih lama untuk pemulihan, setidaknya diperlukan 2 tahun untuk benar-benar mengembalikan kondisi tubuh ibu menjadi seperti semula.

Untuk persalinan normal sendiri, ada banyak pilihan metode yang sering dipakai. Di antaranya seperti dikutip dari Americanpregnancy.org adalah sebagai berikut:

1. Water Delivery
Dikenal juga dengan istilah waterbirth atau gentle birth dan dilakukan dalam bak berisi air. Tujuannya untuk membuat calon ibu merasa lebih rileks. Banyak yang meyakini, teknik ini bisa menghindarkan bayi dari perubahan kondisi yang dramatis saat memasuki kehidupan baru. Namun teknik ini tidak direkomendasikan untuk ibu-ibu dengan kehamilan yang memiliki risiko tinggi.

2. Lamaze
Dikembangkan oleh Dr Ferdinan Lamaze, teknik ini membantu para calon ibu mengalihkan persepsi rasa sakitnya. Di kelas Lamaze, para calon ibu diajari cara mengambil napas dalam-dalam, pijat, konsentrasi dan cara mengontrol rasa sakit selama bersalin.

3. Hipnosis
Pada tahun 1940-an, Dr Grantly Dick-Read memperkenalkan pemakaian teknik hipnosis pada ibu melahirkan. Pikiran akan dibawa pada relaksasi total, sehingga otot-otot tubuh bisa berfungsi sebagaimana rtelah dirancang. Perempuan yang menjalani metode ini akan merasa seperti melamun, rileks, kalem tetapi tetap sadar dan terkendali.

4. Metode Bradley
Dikembangkan oleh Dr Robert Bradley pada tahun 1940-an, metode ini membantu calon ibu melahirkan dengan sesedikit mungkin dibantu obat. Kelas yang diajarkan mencakup asupan gizi yang baik, teknik-teknik relaksasi dan mengendalikan rasa sakit.

5. Metode Alexander
Di awal abad ke-20, FM Alexander memperkenalkan teknik relaksasi yang diberi nama sesuai namanya yakni Teknik Alexander. Di dalamnya tercakup teknik duduk, berdiri dan bergerak secara efisien, aman dan melegakan. Siapapun termasuk ibu hamil yang hendak melahirkan bisa belajar meredakan ketegangan dan meningkatkan kapasitas sistem pernapasan. Saat nyeri punggung bawah berkurang dan sesak napas berkurang, berbagai keluhan selama proses persalinan juga akan berkurang.

0 comments:

Post a Comment

Ikuti Info Bayi dan Ibu hamil via Email anda

 

Copyright © 2012. Nama Nama bayi Islami - All Rights Reserved - Design by BTDesigner - Proudly powered by Blogger