Skip to main content

Do and Don't bagi ibu yang memberi ASI buah hatinya

ini dia hal hal yang sebaiknya dilakukan dan hal hal yang sebaiknya ditinggalkan saat memberikan ASI pada bayi anda, yang dikutip dari lifemojo.

Ibu yang sedang menyusui harus tahu bagaimana caranya agar bisa memberikan ASI (Air Susu Ibu) yang optimal untuk buah hatinya. Untuk itu ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menyusui.

Proses menyusui atau laktasi dimulai dengan produksi hormon oksitosin dalam tubuh ibu setelah bayinya lahir. ASI yang diberikan bisa menyediakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Umumnya aliran ASI tidak stabil seperti misalnya kadang alirannya lancar tapi bisa juga berhenti. Tapi biasanya aliran ASI akan mulai stabil atau konstan setelah 2-3 hari setelah kelahiran.

Berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ibu selama menyusui untuk menjamin pasokan ASI yang optimal ke bayi, seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (22/8/2011) yaitu:

Yang sebaiknya dilakukan selama menyusui

1. Perencanaan pola makan yang baik sangat penting untuk ibu, hal ini karena apapun yang dikonsumsi oleh si ibu bisa mempengaruhi produksi ASInya.
2. Ibu harus peka terhadap frekuensi kebutuhan menyusui bayinya, dalam waktu 10 hari pertama biasanya ibu menyusui sudah mengetahui bagaimana pola menyusui bayinya.
3. Usahakan untuk menghabiskan waktu yang cukup bersama dengan si kecil, seperti mengajaknya berbicara atau bernyanyi sambil menyusui.
4. Mengganti-ganti payudara sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul di puting.
5. Memberikan jeda beberapa saat untuk mempermudah proses pencernaan bayi dan juga mendukung gerakan ususnya.
6. Jika ibu memompa ASI, maka pastikan ASI disimpan dalam botol steril dan menjaganya dalam lemari pendingin dengan suhu yang tepat.
7. Bimbinglah bayi agar mendapatkan jumlah ASI yang cukup.

Yang sebaiknya tidak dilakukan selama menyusui

1. Sebaiknya tidak membiasakan bayi mengisap puting sampai ia tertidur, karena akan membuat ibu kekurangan waktu beristirahat.
2. Sebagian ibu berpikir anaknya baru merasa lapar jika ia sudah menangis, kondisi ini salah karena bisa memicu terjadinya over feeding. Untuk itu ketahui pola menyusui dari si kecil, sehingga ibu tak perlu menunggu bayinya menangis terlebih dahulu baru memberinya susu.
3. Beberapa ibu berpikir produksi susu akan meningkat jika asupan makanannya meningkat, padahal yang lebih tepat adalah semakin sering bayi menyusui maka produksi ASI akan semakin meningkat. Sementara over eating bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan secara menyeluruh.
4. Ibu sebaiknya tidak menggunakan sabun untuk membersihkan puting susu dan aerola, tapi gunakan minyak khusus yang memiliki bahan dasar food grade.
5. Jangan tergoda untuk memberikan susu formula, air atau cairan gula pada si kecil kecuali karena adanya gangguan medis.
6. Memberikan dot atau botol saat menyusui bukanlah ide yang baik karena bisa membuat bayi mengalami bingung puting.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ibu hamil : Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Bikin IQ Anak Jadi Turun

Bila anda merasa tingkat kecerdasan sedikit bermasalah, mungkin sebaiknya ditanyakan kepada ibu apakah dulu waktu hamil pernah mengalami darah tinggi atau tidak. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa hipertensi yang dialami ibu hamil dapat menurunkan IQ anak yang sedang dikandungnya. Ini Dia detail beritanya : Masa kehamilan memang merupakan masa yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Neurology menegaskan bahwa tekanan darah ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anaknya, bahkan sampai anaknya mencapai usia tua. Dalam penelitian tersebut, Katri Raikonen, PhD dari University of Helsinki di Finlandia melihat catatan medis mengenai tekanan darah para ibu sewaktu mengandung 398 pria yang dilahirkan pada tahun 1934 hingga 1944. Kemampuan berpikir para pria tersebut kemudian dites waktu usianya 20 tahun dan dites lagi saat usianya 69 tahun. Tes tersebut mengukur kemampuan bahasa, matematika

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R

Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama bayi perempuan islam yang berawalan dengan huruf R Nama Wanita Rahimah Kasih sayang Rahmah Kasih sayang Raihanah Tanaman yang harum baunya Raja' Harapan Ramlah Tokoh sahabat wanita Ramziyah Isyarat Raniah Mempesona Rannan Gemerincing Raqwan Kemajuan Rasanah Tempat pemberhentian - Halte Rasyidah Mendapat Petunjuk Raudhah Taman Rifa' Setuju - Mufakat Rif'at Tinggi Martabatnya Rifdah Pemberi pertolongan Rihab Luas dan lebar Riham Hujan Gerimis yang berkepanjangan Robi'ah Yang keempat Rodhiyah Ridho Rofi'ah Derajatnya tinggi Rofidah Papan atap - Pemberi pertolongan Rofifah Berahlak baik Rofilah Anggun - Mewah Rohadatul 'Aisy Kemakmuran Hidup Rohidah Lem

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama Wanita Labibah Sehat akal dan cerdik Laela Malam yang gelap Laimun Buah jeruk yang manis Lam'aa' Berkilau Lathifah Lemah lembut Layanah Kehalusan - Kelemasan Lubna Buah kenitu Lujmah Bukit yang datar Lu'lu' Permata - Mutiara Lum'ah Kilauan Luqyana Perjumpaan kita Luthfiyah Lemah lembut