Saturday, 7 April 2012

Posisi tidur Ibu hamil yang disarankan




Bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan, mungkin Anda sering merasa was-was bagaimana posisi yang baik ketika Anda tidur agar tidak mengganggu kandungan. Lalu, posisi tidur yang bagaimanakah yang baik untuk ibu yang sedang hamil?

Sebenarnya, posisi tidur apapun baik untuk wanita hamil pada trimester awal masa kehamilan. Meski demikian, untuk masa kehamilan setelah trimester awal, wanita hamil disarankan untuk tidak tidur dengan posisi tengkurap karena pada masa ini ukuran payudara serta ukuran perut menjadi lebih besar dan sensitif. Sebaiknya Anda tidur dengan posisi terlentang atau miring ke kiri atau pun ke kanan.

Dengan posisi tidur terlentang, seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Meski demikian, posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain, malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi tidur dengan posisi telentang sangat tidak dianjurkan.

Lain halnya dengan posisi miring ke kiri atau kanan, posisi ini sangat dianjurkan ketika usia keamilan lebih dari 16 minggu. Posisi tidur seperti ini memberi keuntungan untuk bayi Anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan spina yang mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman taruhlah bantal diantara dengkul dan simpan juga satu dipunggung Anda. Anda juga dapat membeli bantal khusus ibu hamil.

0 comments:

Post a Comment

Ikuti Info Bayi dan Ibu hamil via Email anda

 

Copyright © 2012. Nama Nama bayi Islami - All Rights Reserved - Design by BTDesigner - Proudly powered by Blogger