Saturday, 7 April 2012

Ibu Hamil dan Manfaat Kacang Hijau




Siapa yang tidak mengenal kacang hijau (Phaseolus Aureus). Salah satu jenis polong-polongan yang mengandung protein nabati cukup tinggi dan menjadi salah satu sumber mineral penting bagi tubuh. Selain bisa diolah menjadi berbagai makanan, ibu hamil pun bisa mendapatkan berbagai manfaat kacang hijau.

1. Asam folat

Asam folat dikenal dengan segudang manfaatnya untuk ibu hamil dan janinnya. Kabar baiknya, Anda bisa menemukan asam folat dalam kacang hijau. Untuk dapatkan manfaat maksimalnya, mulailah mengonsumsi asam folat ketika merencanakan kehamilan.

Asam folat sangat baik bagi perkembangan saraf bayi dalam kandungan. Menghindarkan terjadinya kelainan kantung, bibir sumbing dan berbagai kecacatan lainnya pada bayi. Tidak hanya itu, kandungan asam folat dalam kacang hijau dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

2. Protein tinggi

Protein dibutuhkan selama masa kehamilan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut bayi. Ibu hamil bisa menjadikan kacang hijau sebagai alternatif makanan sehari-hari karena mengandung 24% protein tinggi.

3. Kalsium dan fosfor

Bagi ibu hamil yang tidak menyukai susu, kacang hijau bisa menjadi pilihan lain untuk dapatkan kalsium dan fosfor. Kandungan dua mineral tersebut baik untuk memperkuat tulang, baik selama masa kehamilan dan di luar kehamilan.

4. Serat

Konstipasi sering menjadi masalah yang dialami ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan olahan kacang hijau. Mengapa kacang hijau? Karena mengandung serat cukup tinggi sehingga dpaat membantu kelancaran proses pencernaan dan memelihara kesehatan saluran cerna sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh lebih baik.

5. Lemak rendah

Pada umumnya, kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tinggi yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Termasuk salah satunya kacang hijau yang tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Rendahnya kadar lemak dalam kacang hijau membuat makanan atau minuman olahan dari kacang hijau tidak mudah tengik.

6. Karbohidrat Kompleks

Sering merasa lelah di masa kehamilan? Anda bisa mulai mengonsumsi kacang hijau karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat mengatasi masalah tersebut. Karbohidrat kompleks dicerna tubuh lebih lama sehingga energi lebih stabil, dan Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lelah.

7. Vitamin B1 (tiamin)

Kandungan vitamin B1 dalam kacang hijau memberikan banyak manfaat, di antaranya :

  • Sebagai anti beri-beri

  • Membantu proses pertumbuhan

  • Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan

  • Sebagai sumber energi karena tanpa kehadiran vitamin B1, tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat

  • Memaksimalkan kerja syaraf. Ketika seseorang kurang mengonsumsi vitamin B1 dapat menyebabkan gejala seperti mudah tersinggung, susah konsentrasi dan kurang bersemangat.

8. Vitamin B2 (riboflavin)

Kandungan vitamin B2 dalam kacang hijau membantu tubuh menyerap protein lebih efesien.

Manfaat kacang hijau tidak hanya baik dalam menjaga kesehatan tetapi juga kecantikan. Kandungan antioksidan dalam kacang hijau mampu memperlambat proses penuaan, kelembutan serta peremajaan kulit. Tidak ada ruginya bukan memasukan kacang hijau dalam daftar makanan Anda selama kehamilan?


sumber : melinda care

0 comments:

Post a Comment

Ikuti Info Bayi dan Ibu hamil via Email anda

 

Copyright © 2012. Nama Nama bayi Islami - All Rights Reserved - Design by BTDesigner - Proudly powered by Blogger