Skip to main content

Persiapan sebelum Melahirkan!

Persiapan sebelum melahirkan! Persiapan apa yang harus dilakukan sebelum melahirkan? Tips


persiapan sebelum melahirkan
berikut persiapan sebelum melahirkan yang harus diketahui bumil yang dirilis di detik health, monggo disimak :

Persiapan yang baik sejak awal masa kehamilan akan sangat menentukan kelancaran proses melahirkan. Namun tak semua orang tahu, apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana caranya. Simak saja penjelasan dokter kandungan berikut ini.

Di masa awal kehamilan, persiapan fisik dan mental sudah harus dilakukan. Caranya bisa dilakukan dengan mengikuti program-program edukasi, yang manfaatnya antara lain memberi bekal pemahaman mengenai seluk beluk proses persalinan itu sendiri.

"Jika sejak awal calon ibu sudah memahami bagaimana proses melahirkan, bagaimana cara mengatur naas yang tepat, maka nyeri persalinan dapat dikurangi," kata Dr Frizar Irmansyah, SpOG dari RS Pusat Pertamina kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (10/4/2013)

Sebaliknya jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan, rasa takut akan muncul saat tiba saatnya melahirkan. Akhirnya pada saat menjalani proses melahirkan, si calon ibu tidak bisa rileks dan akhirnya rasa nyeri akan lebih terasa dibandingkan saat kondisinya lebih tenang.


Hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan adalah soal biaya.
Ongkos melahirkan di rumah sakit umumnya tidak sedikit, oleh karenanya harus dipersiapkan betul-betul. Jangan lupa, anggarkan juga biaya untuk hal-hal yang tidak terduga misalnya mendadak harus operasi.

Dikatakan oleh Dr Frizar, suami dan keluarga dapat memberi dukungan kepada istri dengan menemani selama proses persalinan di ruang bersalin. Hal ini sangat berpengaruh dalam mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan rasa nyaman ibu saat menghadapi proses persalinan.

Jika memang suami tidak ingin atau takut untuk menemani istri di ruang bersalin, posisinya dapat digantikan oleh keluarga yang lain, ibu kandung atau ibu mertua. Kehadiran orang lain sebagai pemberi dukungan akan membuat calon ibu merasa tidak sendirian saat berjuang dalam proses persalinan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ibu hamil : Darah Tinggi Saat Hamil Bisa Bikin IQ Anak Jadi Turun

Bila anda merasa tingkat kecerdasan sedikit bermasalah, mungkin sebaiknya ditanyakan kepada ibu apakah dulu waktu hamil pernah mengalami darah tinggi atau tidak. Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa hipertensi yang dialami ibu hamil dapat menurunkan IQ anak yang sedang dikandungnya. Ini Dia detail beritanya : Masa kehamilan memang merupakan masa yang amat penting bagi perkembangan fisik dan mental bayi. Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Neurology menegaskan bahwa tekanan darah ibu selama kehamilan dapat mempengaruhi kemampuan intelektual anaknya, bahkan sampai anaknya mencapai usia tua. Dalam penelitian tersebut, Katri Raikonen, PhD dari University of Helsinki di Finlandia melihat catatan medis mengenai tekanan darah para ibu sewaktu mengandung 398 pria yang dilahirkan pada tahun 1934 hingga 1944. Kemampuan berpikir para pria tersebut kemudian dites waktu usianya 20 tahun dan dites lagi saat usianya 69 tahun. Tes tersebut mengukur kemampuan bahasa, matematika

Nama bayi Laki laki berawalan huruf Y

  Nama bayi laki laki berawalan huruf Y Nama Bayi laki Laki berawalan huruf Y Yaala   Kemuliaan, tinggi Yaaqub Nama nabi Yaarub Mahir bahasa arab Yafiq Mulia, dihormati Yahya Nama nabi, yang hidup Yamin Yang berkat Yakut Permata Yaslam Yang selamat, berserah Yatim Yang sangat berharga, tiadak bandingannya Yasir Yang senang Yassaar Kekayaan, kemewahan Yaqzan Yang berwaspada Yaqin Penuh keyakinan Yasin Nama nabi Yawar Pengawal peribadi Yazdan Belas kasihan Yazid Berkat Yunan Nama ulama Yunus Nama nabi Yusuf Nama nabi Yusri Kesenanganku

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L

Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama bayi perempuan islami berawalan huruf L Nama Wanita Labibah Sehat akal dan cerdik Laela Malam yang gelap Laimun Buah jeruk yang manis Lam'aa' Berkilau Lathifah Lemah lembut Layanah Kehalusan - Kelemasan Lubna Buah kenitu Lujmah Bukit yang datar Lu'lu' Permata - Mutiara Lum'ah Kilauan Luqyana Perjumpaan kita Luthfiyah Lemah lembut